Seminar Nasional Eksistensi Pengelolaan Yayasan Sebagai Badan Hukum Dalam Sistem Hukum Indonesia

Masyarakat selalu berkembang dengan dinamis dari waktu ke waktu dalam berbagai aktivitas. Interaksi sosial antara anggota masyarakat telah menimbulkan hubungan hukum. Dalam konteks inilah eksistensi hukum sangat signifikan untuk mengatur hubungan hukum yang tercipta dalam masyarakat, walaupun terkadang hukum cenderung tertinggal oleh perkembangan masyarakat.



Dibentuk atau didirikannya Yayasan ditujukan sebagai fasiltas atas kumpulan dari sejumlah orang yang bernegosiasi dan dilihat dari segi kegiatanya dalam lingkup sosial sehingga Yayasan dikenal dengan aktifitas sosial nirbala. Karena itu, suatu Yayasan didirikan bukan untuk tujuan komersila atau untuk mencari keuntungan, akan tetapi tujuannya tidak lebih dari membantu atau meningkatkan kesejahteraan hidup orang lain. Berbeda dengan tujuan pendirian yayasan dipahami sebagai tidak bersifat komersial atau tidak mencari keuntungan. Oleh karenanya tujuan pendirian dari Yayasan diidentikan dengan kegiatan bidang sosial, keagamaan, pendidikan, kemanusian dan banyak lagi.



Berdasarkan hal tersebut setelah sekian lama yayasan hanya diatur oleh kebiasaan dalam masyarakat dan yurisprudensi Mahkamah Agung, Pemerintah Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2001 Tentang Yayasan. Dalam perkembanganya kemudian telah dirubah dengan UU RI Nomor 28 Tahun 2004 tentang Perubahan atas UU RI Nomor 16 Tahun 2001 tentang Yayasan



Pembicara dan Moderator

1. Prof. Dr. Y. Sogar Simomora, SH. M.Hum

2. Dr. Habib Adjie, SH. M.Hum

3. Rusdianto S. SH. MH (Moderator)



Tempat dan Tanggal Acara:

Tempat: Convention Hall Universitas Narotama

Jl. Arief Rahman Hakim Nomor 51 Surabaya 60117

Tanggal : 3 Desember 2012



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.