Pansel Pasrah Jika Peringkat Calon Pimpinan KPK Tak Digunakan DPR

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Panitia Seleksi (Pansel) calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya menuntaskan penilaian akhir setelah proses wawancara 10 calon pimpinan KPK, Senin (15/8/2011). Sebanyak 8 nama calon pimpinan KPK akan diserahkan ke Presiden SBY besok (18/8/2011) untuk kemudian diteruskan ke DPR.

Sekretaris Pansel, Ahmad Ubbe mengungkapkan bahwa hasil penilaian akhir oleh pansel disusun berdasarkan peringkat tertinggi hingga terendah. Namun pansel pasrah bila ternyata peringkat tersebut nantinya tak digunakan oleh DPR.

Pansel menentukan peringkat berdasarkan penilaian hasil wawancara yang meliputi empat aspek yaitu kepemimpinan, integritas, kompetensi dan indepedensi. Ahmad Ubbe enggan membeber delapan nama beserta peringkat tersebut karena akan diumumkan oleh pihak kepresidenan setelah hasil seleksi pansel diserahkan ke presiden.

"Terserah mau dipakai atau tidak oleh DPR. Tetapi pansel punya harapan agar data atau info yang dimiliki pansel bisa dimanfaatkan oleh DPR," kata Ahmad Ubbe kepada Tribunnews.com, Selasa (16/8/2011).

Menurut Ahmad Ubbe, meski secara formal tugas pansel calon pimpinan KPK telah tuntas, pihaknya tetap masih melakukan monitoring proses selanjutnya di DPR. "Pansel berharap bisa menjadi partner DPR. Karena data di pansel soal track record para calon sangat lengkap mulai dari laporan masyarakat, hasil assesment pansel, tracking LSM, BIN, Kejaksaan, Polri maupun KPK sendiri," urai Ahmad Ubbe.

Pada proses selanjutnya, DPR akan menyaring 8 kandidat menjadi 4 calon terpilih. Hasil 4 calon tersebut kemudian diserahkan kepada Presiden untuk disahkan menjadi pimpinan KPK yang baru menggantikan para pimpinan yang habis masa jabatannya selain Ketua KPK, Busyro Muqoddas.



Sumber : http://id.berita.yahoo.com



1 komentar:

  1. Narotama yang bertujuan untuk saling bertukar informasi 9apps, membahas peristiwa hukum yang sedang berkembang dalam masyarakat, untuk kemudian disajikan berupa pendapat hukum yang akan dipublikasikan melalui.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.