Menkopolhukam Minta PT Jaga Mahasiswa dari Pengaruh Radikal

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan HAM (Menkopolhukam) Jenderal TNI (Purn) Dr. H. Wiranto, S.H. meminta para penyelenggara perguruan tinggi menjaga mahasiswanya dari pengaruh radikal yang dapat mencederai generasi muda sebagai calon pemimpin masa depan di era teknologi seperti saat ini. Hal itu disampaikan Wiranto saat menjadi pembicara dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABPPTSI), di Surabaya, Selasa (17/7/2018).

Wiranto yang merupakan Ketua Dewan Kehormatan ABPPTSI menjelaskan bahwa kesadaran berbangsa dan bernegara secara mandiri sudah dibangun sejak 1908. Semangat bersatu oleh para pemuda untuk menyiapkan suatu negara kemudian semakin matang pada 1928 dan puncaknya pada 1945 dengan tekad kuat untuk membentuk NKRI.
"Semangat tersebut yang harus terus ditanamkan pada mahasiswa oleh para pendidik. Butuh cita-cita, mimpi, dan harapan untuk menguatkan kesadaran berbangsa dan bernegara," kata Wiranto.
Dia meyakini bahwa pemerintahan di bawah kekuasaan siapapun sudah semestinya melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia. Tidak hanya itu, tetapi pemerintah juga harus mensejahterakan rakyat sebagai bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Sama seperti dalam pemerintahan, pendidikan tinggi juga harus terus bergerak dan berubah namun tetap memiliki `road map` tujuan dengan prinsip-prinsip dasar yang tidak berubah.
"Meskipun metode untuk mencapai tujuan itu berubah, namun prinsip dasar jangan sampai berubah agar tetap memiliki identitas," jelas Wiranto.
Selain itu, Wiranto meminta perguruan tinggi untuk meningkatkan relevansi dan kualitas sumber daya manusia (SDM) di era teknologi dan inovasi disrupsi agar bisa bersaing dalam ravolusi industri 4.0.
Universitas Narotama (UNNAR) sukses menjadi tuan rumah (host) Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) I Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABPPTSI) yang dilaksanakan pada Senin-Selasa (16-17/7/2018) di Hotel JW Marriott Surabaya. Hal itu tak lepas dari kekompakan tim UNNAR yang dipimpin oleh Rektor Hj. Rr. Iswachyu Dhaniarti DS, ST, M.HP serta dukungan pengurus ABPPTSI Jawa Timur. [neng/nar]
Foto: Menkopolhukam Wiranto saat menjadi pembicara dalam Rakernas I Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia di Surabaya, Selasa (17/7/2018).

2 komentar:

  1. Pembacaan Surat Keputusan Rektor UNNAR tentang kelulusan Sarjana dan Magister oleh Wakil Rektor I, Dr. Arasy Alimudin, SE, MM yang dilanjutkan acara vidmate

    BalasHapus
  2. What should you do in the event of an outbreak? I discovered a terrific game called geometry dash unblocked to keep you entertained throughout the long winter months. Right now, come with me. Thank you for providing such valuable information. Your webpage is excellent. This website's content has piqued my interest.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.